Puan: Saya Juga Punya Darah Bung Karno, Siap Maju pada Capres 2014

Posted: November 9, 2011 in berita

Rabu, 02 November 2011 07:37 WIB

Puan Maharani.

LENSAINDONESIA.COM: Lontaran Taufiq Kiemas yang meminta agar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Mega) tidak maju lagi menjadi calon presiden (capres) 2009, akhirnya bersambut. Sang anak, Puan Maharani, menyatakan kesediaannya untuk menggantikan Megawati.

Puan Maharani yang kini menjadi Ketua DPP PDIP bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga, secara tersirat siap menggantikan Mega sebagai capres 2014.

“Sebagai kader, saya siap ditempatkan dalam posisi apa pun (capres 2014), apalagi itu kalau amanah partai,” ujar Puan usai membuka rapat koordinasi Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga PDIP Kalimantan Timur di Balikpapan, Senin (24/10).

“Kakek saya (Bung Karno) presiden. Ibu saya juga presiden, dan tahun 2014 Insya Allah kita menang. Soal siapa figur-nya yang pasti dia akan dimunculkan PDIP 2014 merupakan kader terbaik partai sehingga akan di-endorse partai,” seru Puan dalam pidato politik di depan para peserta rapat koordinasi.

“Setelah Bung Karno, Ibu Mega, saya yang masih punya darah Bung Karno,” lanjut Puan saat ditanya wartawan.

Namun, syarat utama pencalonan Puan Maharani adalah jika sang ibunda tidak mencalonkan diri lagi sebagai capres 2014 mendatang.

“Bu Mega belum pernah menyinggung akan mundur dari pencalonan presiden mendatang. Amanat Bu Mega kepada kami semua adalah memenangkan Pemilu 2014,” ujar Ketua Fraksi PDIP di DPR RI ini.

Saat ini pun Mega tetap menjadi kandidat terkuat dan mendapatkan seluruh dukungan dari massa PDIP se- Indonesia. Beberapa survai oleh lembaga independen menegaskan hal itu, di mana Megawati lebih populer dari capres Aburizal Bakrie, Wiranto, Prabowo, JK, Ani Yudhoyono dan lainnya.

Meski tidak secara tegas menyatakan siap menjadi penerus Megawati, namun Puan mengklaim sebagai cucu Proklamator Soekarno dirinya cukup layak. “Saya kan masih punya darah Soekarno, setelah ibu Megawati. Coba belah dada saya pasti ada gambar bantengnya,” beber Puan.

Sebelumnya diberitakan, Taufiq Kiemas berharap Mega tidak maju lagi sebagai capres di pemilu 2014 mendatang. Taufiq Kiemas meminta istrinya dapat memberi kesempatan generasi muda sebagai  pemimpin pemerintahan pada 2014 nanti.

“Sebaiknya Mbak Mega tidak maju lagi sebagai capres pada 2014. Sebaiknya memberi kesempatan yang lebih muda saja,” pinta bapak Puan.LI-07

 

Tinggalkan komentar